
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Ketampakan Alam Dan Buatan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Kelas V-A SDN 034 Tarakan
Pengarang : Rima Palulun - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V-A SDN 034 Tarakan dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi keragaman ketampakan alam dan buatan di Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V-A SDN 034 Tarakan yang berjumlah 42 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 39% dari kriteria ketuntasan minimum (70). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 52% menjadi 81%.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V-A SDN 034 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
The objective of this research was to improve the students’ social science learning achievement of class V-A of SDN 034 Tarakan though cooperative learning model type contextual teaching and learning (CTL). This research employed classroom action research it was carried out in two cycles in Which each cycle consisted of planning, implementing the action, observation, and reflection. The subject of this research was the student of class V-A of SDN 034 Tarakan which consisted of 42 students. The data were obtained by using the observation sheet for by using the observation sheet for activity students’ the observation sheet for teacher’s activity, and achievement test in a form of multiple choice. The result of the research showed that there was an improvement on students’ learning achievement. This could be seen from the result of each cycle prior learning mastery classically reached only 39% from the minimum passing grade 70, but after implementing the action of cycle I and II learning achievement gradually improved from 52% to 81%. It could be drawn a conclusion that the use though cooperative learning model type contextual teaching and learning (CTL) could improve the students’ civics learning at class V-A SDN 034 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Social Science, Cooperative Learning Model Type Contextual Teaching and Learning (CTL)