Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas V-D Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di SDN 029 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas V-D Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di SDN 029 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas V-D Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di SDN 029 Tarakan

Pengarang : Richard Bin Daniel - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Judul penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V-D dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas V-D SDN 029 Tarakan. Menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 April sampai 06 Mei semester Genap tahun 2012/2013. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes tertulis. Jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas ialah 32 siswa.
Selanjutnya, hasil analisis data yang diperoleh kemudian ditunjukkan dalam hasil persentase peningkatan hasil dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai persentase ketuntasan siswa sebelum dilaksanakan tindakan mencapai 40%, dan setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I mencapai 84%.

The title of this research is Improving learning outcomes for Civics subject in forms of joint decision materials through contextual teaching and learning for students’ of V-D class in SDN 029 Tarakan. This research used Classroom Action Research (CAR). The research was done from 29 april to 06 may in second semester Academic Year 2013/2014. This reseach was done into steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and test. The total number of students in one class is 32 students. Furthermore, the analysis of data obtained and the results are shown in percentage improvement in its implementation. The result of the study showed that the percentage of students’ completeness before implemented actions reached 40%, and after the action implemented in the first cycle was 84%.

Detail Informasi