Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Seni Budaya Materi Tarian Nusantara Siswa Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Seni Budaya Materi Tarian Nusantara Siswa Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Seni Budaya Materi Tarian Nusantara Siswa Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan

Pengarang : Mutmainnah Salam - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Utama I Tarakan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif make a match pada pelajaran seni budaya materi tarian nusantara.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Utama I Tarakan yang berjumlah 32 siswa, data ayang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, penilaian afektif kerja sama siswa, penilaian psikomotorik siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 12,5% dari kriteria ketuntasan minimal (70). Setelah dilakukan tinadakan pada siklus 1 dan siklus 2 pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 34,38% pada siklus 1 dan pada siklus 2 menjadi 90,63%. Hal yang sama dapat juga dilihat pada peningkatan nilai rata-rata kelas yang sebelumnya hanya 55,45 kemudian naik menjadi 62,81 dan pada siklus 2 nilai rata rata kelas menjadi 76,56.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran seni budaya materi tarian nusantara siswa kelas IV SDN Utama I Tarakan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi