Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IVA SDN 013 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IVA SDN 013 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IVA SDN 013 Tarakan

Pengarang : Pratida Putri Ratna Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana dengan menggunakan media gambar siswa kelas IV-A SDN 013 Tarakan dengan menggunakan Media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV A SDN 013 Tarakan yang berjumlah 27 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay, lembar pengamatan aktivitas guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan menulis karangan sederhana. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 52% dari kriteria ketuntasan minimum (70). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 66,2% menjadi 75,9%.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Media Gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas IV-A SDN 013 Tarakan.

Kata Kunci: Menulis Karangan, Media Gambar

The objective of this research improved writing ability in simple essay by using picture media at class IV-A of SDN 013 Tarakan. This research is classroom action research. This research conducted in two cycles. Each cycle consisted of planning, implementing the action, observation, and reflection. The subject of this research was student of class IV-A of SDN 013 Tarakan. That consisted of 27 students. The data were obtained by using essay test, teachers' observation sheet, and student’s observation sheet. Technique of data analysis used qualitative technique and quantitative technique. The result of the research showed that there was an improvement on writing ability in simple essay. This can be seen from the result of each cycle before implementing the action, the students score that could active 52% from the minimum passing criterion 70, after implementing the action on cycle I and cycle the student’s score improved from 66,2% to 75,9%. It could be conceded that using picture media could improve students' ability on writing simple essay at class IV A of SDN 013 Tarakan. Keywords: Writing Simple Essays, Picture Media

Detail Informasi