
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V-A SDN 006 Tarakan
Pengarang : Nurmaida - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, pada siswa kelas V-a SDN 006 Tarakan ditemukan adanya permasalahan, yaitu 1) Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, 2) Siswa tidak berani bertanya walaupun siswa tersebut belum memahami materi pelajaran, 3) Hasil belajar siswa yang masih kurang, 4) Saat diberikan tugas siswa sering tidak menyelesaikannya.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 006 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V-a SDN 006 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA aspek kognitif, psikomotorik dan afektif siswa pada materi pesawat sederhana menggunakan pendekatan scientific berbantuan media gambar di kelas V-a SDN 006 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrument penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa, lembar penilaian aspek psikomotorik, lembar penilaian aspek afektif, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 52 % dan setelah diberikan tindakan pada siklus I Ketuntasan hasil belajar siswa untuk aspek afektif dengan kategori mulai berkembang menjadi 70% pada siklus II meningkat menjadi 97%. pada siklus I Ketuntasan hasil belajar siswa aspek Psikomotorik dengan kategori baik menjadi 32% pada siklus II meningkat menjadi 86%. pada siklus I Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif menjadi 35% pada siklus II meningkat menjadi 89%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan penggunaan pendekatan scientific berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pesawat sederhana siswa kelas V-a SDN 006 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Media Gambar, Pesawat Sederhana
Based observation result, in V-agrade student’s SDN 006 of Tarakan. There are 3 problems of research. 1) Student less attention to teacher explaining 2) Student afraid asked althought that students did not understand learning material 3) students did not finished task that gave by teacher. Researcher used class action research (CAR) as a research design. The research did in SDN 006 of Tarakan in second semester in 2013/2044 academic year, with research subject V-a grade student’s SDN 006 Tarakan. The objective of the research was increasing scientific learning result of student’s cognitive, psicomotoric, and affective aspect in simple plane material using scientific approach support by picture media on V-a grade student’s SDN 006 Tarakan. This research did with in 2 siclus where there are 2 meeting in every siclus. Research instrument of taking student’s development data were: student’s attitude observation psicomotoric and affective assessment, then learning result test. Result of research showed that happened increased to student’s learning result. It could be show from the result in every siclus, before gave learning complete action the score of afectif with category start to round aspect only 52% and after gave action in first siclus, the result of learning complete action for affective aspect become 70% in second siclus increased be 97% in first aspect of psicomotoric with nice category become 32%, in second siclus increased be 86% . first siclus of students’s learning result in cognitive aspect become 35% in second siclus increased be 89%, so could said that result was succesed and appropriate with succesed indicator. Based research result, the researcher conclude that using scientific approach support by picture media could increasing result of science learning in simple plane material on V-a grade student’s SDN 006 of Tarakan. Keywords: Learning Result, Scientific Approach, Picture Media, Simple Plane