
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas 1 Melalui Pendekatan Kontekstual Di SDN Utama 1 Tarakan
Pengarang : Nur Alam Yana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik kelas 1 dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Tujuan khusus yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Tema yang sesuai dalam penyusunan bahan ajar tematik melalui pendekatan kontekstual (2) Materi yang sesuai dalam penyusunan bahan ajar tematik melalui pendekatan kontekstual (3) Evaluasi atau penilaian yang sesuai dalam penyusunan bahan ajar tematik melalui pendekatan kontekstual.
Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar tematik kelas 1 dengan menggunakan pendekatan kontekstual adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Beberapa tahap yang akan dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Studi Pendahuluan, (2) Merencanakan Penelitian, (3) Pengembangan desain, (4) Validasi ahli, (5) Revisi, (6) Uji coba bahan ajar, (7) Melakukan revisi bahan ajar berdasarkan hasil uji coba, dan (8) Produk akhir. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar penilaian untuk ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain, pedoman wawancara, dan catatan lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa perlu dikembangkannya bahan ajar tematik kelas 1 dengan menggunakan pendekatan kontekstual karena belum tersedia bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Hasil penelitian berupa bahan ajar yang dikembangkan dengan karakteristik sebagai berikut: (1) sesuai dengan karakteristik siswa, (2) bersifat kontekstual, (3) menggunakan bahasa yang sederhana.
Kata Kunci: Penelitian, Bahan Ajar, Tematik
This study aims to develop a first-class thematic instructional materials using a contextual approach. Specific objectives to be achieved from this research are: (1) the appropriate theme in the thematic materials development through contextual approach (2) The material is appropriate in the preparation of teaching materials thematic through contextual approach (3) evaluation or assessment appropriate in the preparation of teaching materials thematic through contextual approach. The method used in the development of teaching materials thematic class 1 by using a contextual approach is the type of research and development (research and development). Some stages will be done in research and development are (1) Study Introduction, (2) Planning Research, (3) development of the design, (4) Validation of experts, (5) Revision, (6) The test materials, (7 ) Revise instructional materials based on the test results, and (8) the final product. Product validation is done by the expert material, linguist and expert design. The instrument used in this study include: assessment sheet for material experts, linguists and experts design, interview, and record field. Based on the research and development needs to be concluded that thematic teaching materials developed grade 1 by using a contextual approach because it is not available teaching materials that suit the needs and characteristics of students. results research in the form of teaching materials developed with characteristics following: (1) in accordance with the characteristics of the students, (2) contextual, (3) use simple language. Keywords: Research, Teaching Material, Thematic