
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas V-4 SDN Utama 2 Tarakan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Alat Peraga SEQIP
Pengarang : Novia Ratna Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan, diketahui bahwa hasil belajar IPA siswa di SDN Utama 2 Tarakan dapat dikategorikan belum mencapai keberhasilan dalam mengikuti pelajaran khususnya kelas V-4 dikarenakan belum mencapai ketuntasan klasikal 70%. Belum tercapainya keberhasilan ini disebabkan oleh guru yang terpaku pada buku teks, guru belum sepenuhnya memanfatkan media pembelajaran maupun alat peraga, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, dan siswa jarang bertanya saat pembelajaran. oleh sebab itu, untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa diperlukan pendekatan scientific berbantuan alat peraga SEQIP.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi pesawat sederhana siswa kelas V-4 SDN Utama 2 Tarakan menggunakan pendekatan scientific berbantuan alat peraga SEQIP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: Hasil belajar siswa dalam 3 aspek yaitu hasil belajar IPA aspek kognitif, psikomotor, dan afektif serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester kedua tahun ajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 66%, psikomotor 41% dengan kategori baik, afektif 38% dengan kategori baik, aktivitas belajar siswa mencapai persentase 58% dengan kategori cukup, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai rata-rata skor 2,16 dengan kategori baik. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 79%, psikomotor 100% dengan kategori baik, afektif 100% dengan kategori baik, aktivitas belajar siswa mencapai persentase nilai 78% dengan kategori baik, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai 3,32 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar IPA materi pesawat sederhana siswa kelas V-4 SDN Utama 2 Tarakan menggunakan pendekatan scientific berbantuan alat peraga SEQIP.
Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Alat Peraga SEQIP, Penelitian Tindakan Kelas, Kognitif, Psikomotor, dan Afektif
Based on the observation result, it is found that the results of the study in science subject of SDN Utama 2 Tarakan can be categorized as has not achieved success especially grade V-4 students because they have not reach 70% of the classical completeness. It is happened because the teacher rather using textbook, teacher has not used instructional media well, students do not pay attention in the classroom, and students rarely ask question in teaching learning process. Therefore, to improve the result of the study in science by using scientific approach with SEQIP media is required. This research is purposed to improve the result of the study of science in simple instrument material of grade V-4 Students of SDN Utama 2 Tarakan by using scientific approach with SEQIP media. This is a Classroom Action Research that has been done in two cycles. The data had been collected in this research are the students result of the study in 3 areas which are cognitive, psychomotor, dan affective, and also the observation result of students and teacher activity. This research had been done on second semester year 2013/2014. Based on the research result, in cycle 1 the cognitive aspect of completeness is 66%, psychomotor is 41% - well categorized, affective is 38% obtained, students’ learning activity reached 58% with sufficient category, and teacher’s activity in teaching learning process in the classroom reached the average score of 2.16 - well categorized. In cycle II the completeness of cognitive aspect is 79%, psychomotor is 100% - well categorized, and affective is 100% - well categorized, students’ learning activity reached 78% - well categorized, and teacher’s activity in teaching learning process in the classroom is 3.32 - very well categorized. It shows that the result of the study of science in simple instrument material of grade V-4 Students of SDN Utama 2 Tarakan has improved by using scientific approach with SEQIP media. Keywords: Scientific Approach, SEQIP Media, Classroom Action Research, Cognitive, Psychomotor, Affective