Pengembangan Bahan Ajar Pada Pokok Bahasan Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SDN 008 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Bahan Ajar Pada Pokok Bahasan Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SDN 008 Tarakan

Pengembangan Bahan Ajar Pada Pokok Bahasan Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SDN 008 Tarakan

Pengarang : Neni Indriana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D). Tahapan pengembangan meliputi penelitian pendahuluan, perencanaan pengembangan, pengembangan bahan ajar dan evaluasi bahan ajar.
Hasil akhir penelitian ini adalah bahan ajar tematik pada tema daerah tempat tinggalku untuk siswa kelas IV SDN 008 Tarakan. Validasi bahan ajar yaitu ahli bahasa, isi materi serta ahli media yang menggunakan instrument lembar validasi, kemudian di ujicoba pada siswa kelas IV SDN 008 Tarakan. Ketiga ahli, yakni ahli materi, ahli bahasa dan ahli media memberikan validasi terhadap materi bahan ajar ini dengan nilai kategori sangat baik. Ahli materi pertama memberikan skor 77 (kriteria sangat baik) dan ahli materi kedua memberikan skor 78 (kriteria sangat baik). Ahli bahasa memberikan skor 71 dengan kategori sangat baik dan di lakukan revisi sesuai dengan hasil validasi. Sedangkan ahli tampilan atau (layout) memberikan skor 55 dengan kategori sangat baik untuk tampilan bahan ajar dan di lakukan revisi sesuai dengan hasil validasi. Uji coba menggunakan instrumen lembar observasi, lembar saran dan komentar serta angket terbuka . Ada tiga uji coba : uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Uji coba satu-satu melibatkan 3 siswa, uji coba kelompok kecil melibatkan 9 siswa, dan uji coba lapangan melibatkan 21 siswa. Ketiga uji coba yang dilakukan mendapatkan respon positif artinya bahan ajar dapat dimengerti oleh siswa.
Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik pada tema daerah tempat tinggalku yang telah dikembangkan layak untuk digunakan siswa kelas IV di SDN 008 Tarakan.

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik

The type of this research is the Research and Development (R & D). The stages of development include preliminary research, development planning, development and evaluation of teaching materials. The final results of this study are thematic teaching materials on the theme of “my neighborhood” for the fourth-grade students of SDN 008 Tarakan. Validations of teaching materials are language experts, content of teaching materials and media experts with the use of instrument validation sheet, and then tested to the fourth-grade students of SDN 008 Tarakan. All three experts, the materials experts, linguists and media experts provide validation of these teaching materials with a very good category. The first material experts provide a score of 77 (very good criterion) and the second material experts scoring 78 (very good criterion). Linguist experts give a very good score of 71 with a very good criterion and revision is done in accordance with the results of the validation. While the layout experts gave a score of 55 with a very good category for the teaching materials display, and revision is done in accordance with the results of the validation. Trials using observation sheet instruments, suggestions and comments sheet as well as open questionnaire. There are three trials: one-on-one trials, small group trials, and field trials. 3 students were involved in the one-on-one trials, 9 students in the small group trials, and 21 students in the field trials. All the three tests done to get a positive response means that teaching materials can be understood by students. Based on the data from this study, it can be concluded that the thematic teaching materials on the theme of “my neighborhood” that have been developed is suitable to be used for the fourth grade students of SDN 008 Tarakan. Keywords: Research Development, Teaching Materials, Thematic

Detail Informasi