Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas 1 Melalui Pendekatan Kontekstual Sekolah Dasar Negeri 001 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas 1 Melalui Pendekatan Kontekstual Sekolah Dasar Negeri 001 Tarakan

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas 1 Melalui Pendekatan Kontekstual Sekolah Dasar Negeri 001 Tarakan

Pengarang : Mustaqim Habibie - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik kelas 1 melalui pendekatan kontekstual. Tujuan khusus yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Tema yang sesuai di dalam penyusunan bahan ajar tematik melalui pendekatan pembelajaran kontekstual (2) Materi yang sesuai di dalam desain pengembangan bahan ajar tematik melalui pendekatan pembelajaran kontekstual (3) Evaluasi yang sesuai di dalam pengembangan bahan ajar tematik melalui pendekatan pembelajaran kontekstual.
Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar tematik kelas 1 dengan menggunakan pendekatan kontekstual adalah jenis penelitian dan pengembangan Research and Development. Beberapa tahap yang akan dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi ahli (5) Revisi Desain (6) Uji coba produk dan (7) Revisi produk dan (8) Produk Khir/Final. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar penilaian untuk ahli materi, ahli bahasa, ahli media, pedoman wawancara dan catatan lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa bahan ajar tematik tema Diriku sangat layak digunakan pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 001 Tarakan. Kesimpulan ini dapat ditarik dengan melihat data yang diperoleh selama penelitian berlangsung, yaitu data pada saat melakukan validasi dan uji coba produk. Berdasarkan hasil validasi ahli, bahan ajar dinilai sangat layak oleh ketiga ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media / tampilan. Ahli materi memberikan skor rata-rata 87.7 dengan kriteria sangat layak. Ahli bahasa memberikan skor rata-rata 84.6 dengan kriteria sangat layak. Sedangkan ahli media memberikan skor rata-rata 73.3 dengan kriteria cukup layak, dari keseluruhan hasil validasi pada produk tersebut skor rata-rata 89.9 dengan keriteria sangat layak.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik, Kontekstual

The aim of the study is to develop thematic materials first grade students through contextual approach. The specific aims are (1) The theme appropriate with thematic materials through contextual approach, (2) The material appropriate in designing thematic materials through contextual approach, and (3) The evaluation appropriate in developing thematic material through contextual approach. The research design was Research and Development (R & D). The models consist of eight steps (1) Potency and problems, (2) Data collection, (3) Product design, (4) Expert Validation, (5) Product Revision, (6) Tryout the product, (7) Product Revision, and (8) The Final Product. The instruments of the study were interview and questionnaire. Interview used to analysis teacher’s needs and questionnaire use to validation of material, language use, and layout. The result of this study was thematic materials development through contextual approach in SD 001 Tarakan which the good quality. The material had validated by content expert (87.7), and language expert (73.3). The total mean score was 89.9, it means the data had valid. Keywords: Research and development, Thematic materials, Contextual Approach

Detail Informasi