Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Audio-Visual Di Kelas VB SDN 042 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Audio-Visual Di Kelas VB SDN 042 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Audio-Visual Di Kelas VB SDN 042 Tarakan

Pengarang : Mauliah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkakan hasil belajar IPA siswa pada materi pesawat sederhana dengan menggunakan pendekatan scientific berbantuan media audio-visual di kelas VB SDN 042 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN 042 Tarakan yang berjumlah 25 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aspek afektif dan psikomotor dalam bentuk rubrik, tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay, lembarobservasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 20% dari kriteria ketuntasan minimum (70). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 64% sampai 84% masing-masing siklus.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan scientific berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas VB SDN 042 Tarakan.

Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Media Audio-Visual, Hasil Belajar IPA Kelas VB SDN 042 Tarakan

This research is aimed at improving grade 5b learners’ achievement of learning science topic of simple tools using audio visual media-assisted scientific approach at SDN 042 Tarakan. This is classroom action research which was conducted within two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stages. The subjects of this research were 25 grade 5-B learners of SDN 042 Tarakan. Data of affective and psychomotor aspects were collected using observation sheets in the form of rubric. Learners’ learning achievement was measured using essay test. Data on learning management were collected using observation sheets of teacher’s activities and students’ activities. Data were analyzed using qualitative and quantitative techniques. The research results show that there was an increase of students’ learning achievement. These can be seen from the learning results achieved by the learners at each cycle. Before given the treatment the learners only achieved 20% of the minimum accomplishment (70 marks). After given the treatment, the learners’ achievement gradually increased to 64% at the first cycle and 84% at the second one. It is concluded that the use of audio-visual media-assisted scientific approach can increase the learners’ achievement of learning the science topic at SDN 042 Tarakan. Keywords: Scientific Approach, Audio-Visual Media, Learning Achievement of Science of Grade 5-B Learners at SDN 042 Tarakan

Detail Informasi