Pengembangan Bahan Ajar Tematik Melalui Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas 1-A DI SDN 012 Tarakan Tahun Pembelajaran 2013/2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Bahan Ajar Tematik Melalui Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas 1-A DI SDN 012 Tarakan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Melalui Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas 1-A DI SDN 012 Tarakan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Pengarang : Konita Lutfiani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang dilakukan di SDN 012 Tarakan pada semester genap tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar yang berbasis kontekstual.
Validasi paket belajar menggunakan instrumen lembar angket tertutup. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli materi mendapatkan skor 76 (kategori sangat baik) dan ahli bahasa memberikan skor 78 (kategori sangat baik), dan hasil validasi ahli tampilan 57 (kategori sangat baik). Data uji coba perorangan melibatkan 3 orang siswa menggunakan instrumen catatan lapangan. Uji coba kelompok kecil melibatkan 10 orang siswa mewakili tingkat kemampuan rendah,sedang, dan tinggi menggunakan instrumen lembar observasi, dan Uji coba kelompok besar melibatkan seluruh siswa kelas 1-A menggunakan instrumen lembar observasi. Berdasarkan uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar bahan ajar yang di uji cobakan mendapatkan respon positif, artinya bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan dan dipahami oleh siswa. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan layak untuk digunakan oleh siswa kelas 1-A di SDN 012 Tarakan.

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik

This type of research is the development of research carried out at the SDN 012 Tarakan in the second semester of 2013/2014 study year. This study aims to produce teaching materials based contextual. Package validation study using questionnaire covered sheet instruments. The results of the validation of teaching materials by getting a score of 76 matter experts (category very well) and linguists give a score of 78 (very good category), and the expert validation results display 57 (excellent category). Individual trial data involving 3 students use the notes field instruments. Trials involving a small group of 10 students representing low skill levels, medium, and high use of instruments observation sheets, and a large group trial involving all students in grade 1-A using the observation sheet instruments. Based on the testing of individual, small group, and large group teaching materials that tested positive response, it means teaching materials developed can be used and understood by students. Therefore, it can be concluded that the teaching materials that have been developed feasible for use by students of class 1-A in the SDN 012 Tarakan. Keywords: Research Development, Instructional Materials, Thematic

Detail Informasi