Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples Di Kelas VA SDN 012 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples Di Kelas VA SDN 012 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples Di Kelas VA SDN 012 Tarakan

Pengarang : Makri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Examples Non Examles meningkatkan hasil belajar siswa materi peristiwa alam diindonesia di SDN 012 Tarakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes.
Tes hasil belajar IPA pada siklus I diperoleh rata-rata yakni 73.79 dan pada siklus II 79.70 sehingga terjadi peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 5.91, pada siklus I siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 24 Siswa dari 33 orang sehingga jika dipersentasinya jumlah ketuntasannya hanya mencapai 72.73% Namun pada siklus II siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 30 Siswa dari 33 orang sehingga jika dipersentasinya jumlah ketuntasannya telah mencapai 90.91% sehingga jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-A di SDN 012 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Examples Non Examples

This research was aimed to know the implementation of examples and non examples model in improving students’ achievement in class VA of SDN 012 Tarakan. This research was conducted in 2 cylces which consisted of 4 stages. They are planning, implementing, acting, and observation and reflection. The used techniques of collecting data were test and non test. The result of learning Science in Cycle I was 73.79 and Cycle II was 79.70, so that it seemed an improvement from cycle I to cycle II was 5.91. in the cycle I, the students who passed the criteria of success were 24 of 33 students, so that if it was in percentage, it just gained 72.73%. But, in cycle II, the students who passed the criteria of success were 30 of 33 students, so that if it was in percentage 90.91%. It can be concluded that the use of Examples and Non-Examples model can improve students’ achievement in class VA of SDN 012 Tarakan. Keywords: Students’ Result, Science, Examples and Non-Examples Model

Detail Informasi