
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Realia Di Kelas V A SDN 001 Tarakan
Pengarang : Khalimatus Sa’diyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA aspek kognitif, psikomotorik dan afektif siswa pada materi pesawat sederhana menggunakan pendekatan scientific berbantuan media realia di kelas V-A SDN 001 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan hasil belajar aspek kognitif hanya 32 % dan setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil belajar aspek kognitif siswa menjadi 55% pada siklus II meningkat menjadi 74%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I hanya 13% dan pada siklus II meningkat menjadi 77%, sedangkan hasil belajar afektif pada siklus I hanya 45% dan pada siklus II meningkat menjadi 77%, maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan penggunaan pendekatan scientific berbantuan media realia dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pesawat sederhana siswa kelas V-A SDN 001 Tarakan.
Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Media Realia, Hasil Belajar, Pesawat Sederhana
This research is aimed at increasing grade V-A learners’ achievement of cognitive, psychomotor, and affective aspects in learning science topic of simple tools using realia media-assisted scientific approach at SDN 001 Tarakan. This is a classroom action research which was conducted within two cycles. Each cycle consists of two meetings. The research results show that there was an increase of students’ learning achievement. These can be seen from the learning results achieved by the learners at each cycle. Before given the treatment the learners only achieved 32% of the minimum accomplishment for cognitive aspect. After given the treatment, the learners’ achievement of the cognitive aspect reached 55% at the first cycle and 74% at the second one. For the psychomotor aspect, the learners achieved 13% at the first cycle and 77% at the second one. For the affective aspect, the learners achieved 45% at the first cycle and 77% at the second one. Based on the results, it can be concluded that the use of realia media assisted scientific approach can increase the learners’ achievement of learning the science topic at SDN 001 Tarakan. Keywords: Scientific Approach, Realia Media, Learning Achievement, Simple Tools