Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-A SDN 028 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-A SDN 028 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-A SDN 028 Tarakan

Pengarang : Ike Mawarni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pecahan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik TSTS pada siswa kelas V-A SDN 028 Tarakan.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 028 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-A SDN 028 Tarakan yang berjumlah 32 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 23 siswa dan perempuan berjumlah 9 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik TSTS dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pecahan siswa kelas V-A SDN 028 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 9% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif menjadi 16% pada siklus II meningkat menjadi 78%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 44% pada siklus II meningkat menjadi 94%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 38% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Teknik TSTS

The aim of this research is to increase the results of learning mathematics using Two Stay Two Stray technique of cooperative learning model to grade V-A learners at SDN 028 Tarakan. This is classroom action research which was conducted during the second semester of 2013/2014. The subjects were 32 learners of SDN 028 Tarakan, 23 males and 9 females. This research was conducted in two cycles, each cycle consists of two meetings. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stages. The research instruments consisted of observation sheets of learners’ activities, observation sheets of teacher’s activities, tests on cognitive aspect, assessment sheets of learners’ affective aspect (group work), and psychomotor aspect (group presentation). The research findings showed that the use of Two Stay Two Stray technique was able to improve learners’ learning achievements in mathematical topic of fraction. This can be seen from learning results of each cycle. Before given the treatment, the learners’ level of minimum accomplishment was 9 %. For the cognitive aspect, after given the treatment the level reached 16% at the first cycle and 78% at the second one. For the affective aspect, the level was 44% at the first cycle and reached 94% at the second one. For the psychomotor aspect, the level reached 38% at the first cycle and 100% at the second one. These results indicated that the treatment was successful. Keywords: Learning Achievement, Two Stay Two Stray Technique of Cooperative Learning Model

Detail Informasi