Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Ketampakan Alam Dan Sosial Budaya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV-B SDN 009 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Ketampakan Alam Dan Sosial Budaya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV-B SDN 009 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Ketampakan Alam Dan Sosial Budaya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV-B SDN 009 Tarakan

Pengarang : Hermin Sulo Limbong - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi ketampakan alam dan sosial budaya pada siswa kelas IV-B SDN 009 Tarakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa dan lembar pengamatan guru.
Hasil belajar aspek kognitif yang diperoleh siswa siklus I mencapai ketuntasan yaitu sebesar 34% dari 38 siswa sedangkan siklus II meningkat menjadi 89% dari 38 siswa. Kesimpulan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran cooperative script pada pembelajaran IPS pada siswa kelas IV-B SDN 009 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Script

The purpose of this study was to determine the application of the cooperative script learning model to improve students’ classroom IPS learning result subject nature visible and social culture at IV-B SDN 009 Tarakan. Action research was conducted in two cycles, which consists of four stages: planning, action, observation and reflection. While the instruments of sheet collection that used were students’ learning achievement test, observation sheet and teacher’s sheet observation. The aspect of learning result learning result of cognitive aspects that pass the passing grade was 34% from 38 students, while in the second cycle increased to 89% from 38 students. The conclusion of this Classroom Action Research (CAR) was the using of cooperative script learning model in social science at class IV-B SDN 009 Tarakan can increase the students’ learning result. Keywords: Learning Result, Cooperative Script Learning Model

Detail Informasi