
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Di Kelas VA SDN 024 Tarakan
Pengarang : Fatmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menggunakan model pembelajaran Word Square. Jenis penelitian yang dilakukan ialah penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Mei sampai dengan 30 Juni semester genap tahun 2013/2014 di kelas VA SDN 024 Tarakan dengan jumlah siswa dalam satu kelas ialah 25 siswa. Tahap penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar observasi dan tes tertulis. Dari hasil penelitian, hasil belajar pada siklus 1 mencapai 84% dan indikator keberhasilan siswa telah tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa hasil belajar siswa kelas VA SDN 024 Tarakan meningkat dengan menggunakan model Word Square.
Kata Kunci: Hasil Belajar dan Model Word Square
The purpose of this research was improved the results of studying social in Indonesia independence day’s material by using word square teaching model. The research was classroom management. This research was conducted in May, 01st-June 30th academic year 2013/2014 on VA class SDN 024 Tarakan with 25 students. This research consists of planning, conducting, observing, and reflecting. The instrument research was observation and written test. The results showed on first sickles reached 84% and indicator of student achievement has been reached. The conclusion of this research shows student achievement on VA class in SDN 024 Tarakan improved by using word square teaching model. Keywords: Student Achievement and Word Square Teaching Model