Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V-B SDN 015 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V-B SDN 015 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V-B SDN 015 Tarakan

Pengarang : Evin Daniar Wahyuni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada Pkn materi Kebebasan Berorganisasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar pada siswa kelas VB SDN 015 Tarakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat (4) tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari observasi hasil belajar sebelum penelitian rata-rata nilai siswa hanya 56.9 dengan ketuntasan belajar 23% dari 26 siswa. Pada siklus I hasil belajar ranah kognitif mencapai ketuntasan 76.93% dari 26 siswa, ranah afektif 46.16% siswa mencapai nilai kategori minimal baik, sedang pada ranah psikomotorik mencapai 57.7% siswa mencapai nilai dengan kategori minimal baik. Pada siklus II terjadi peningkatan, hasil belajar ranah kognitif mencapai 92.31% dari 26 siswa, pada ranah afektif mencapai 88.47% siswa dengan nilai kategori minimal baik dan ranah psikomotorik mencapai 88.47% siswa juga mencapai nilai dengan kategori minimal baik.
Kesimpulan dari PTK ini adalah hasil belajar siswa kelas V-B SDN 015 dapat di tingkatkan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model NHT, Media Gambar

The purpose of this research is to improve the result of study in PKn Freedom to Organize material using cooperative learning model Numbered Heads Together media aided drawing in class V-B SDN 015 Tarakan. Classroom action research was conducted in two cycles with four (4) phases: planning, action, observation and reflection. From the observation results of the research study before the average student scores just 56.9 with 23% passing grade of 26 students. In the first cycle of cognitive learning outcomes achieve mastery 76.93% of the 26 students, the affective domain, 46.16%, was the domain of psychomotor reached 57.7%. In the second cycle increased, cognitive learning results reach 92.31% of the 26 students, the affective domain, reached 88.47% and 88.47% reaching psychomotor domains. This is the conclusion of PTK the result of study student SDN 015 V-B Tarakan class can be improved with the use of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) aided drawing media. Keywords: the Result Of Study, NHT Models, Media Images

Detail Informasi