
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema Kegemaran Dengan Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas III-C SD Negeri 024 Tarakan
Pengarang : Evi Yanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema Kegemaran dengan Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siwa Kelas III-C SD Negeri 024 Tarakan. Pada penelitian ini yang digunakan adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III-C SD 024 Tarakan dengan jumlah 33 siswa, siswa laki-laki 20 dan siswa perempuan 13. penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Siklus I dengan rata-rata hasil belajar 66,67%. Siklus II dengan rata-rata hasil belajar 81,81%. Dan aktivitas siswa siklus I dengan skor rata-rata 3,3. Siklus II dengan rata-rata 4,25.
Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning
The Purpose of This Research is to Improve the activities and Learning outcomes with the adoption teme craze Contextual Teaching and Learning approach in Class III C SDN 024 Tarakan Research subject are students of grade III A SDN 023 Tarakan with the total of 33 students, 20 male students and 13 female students. The study was conducted in 2 cycles, where each cycle includes planning, action, observation and reflection. The results of this study showed an increase in outcomes. The first cycle with an average of 66,67% learning outcomes. The second cycle with an average of 81,81% learning outcomes. And activities student the first cycle with an average of 3,3 learning outcomes. The second cycle with an average of 4,25 learning outcomes. Keywords: Activities and Learning Outcomes with Contextual Teaching and Learning