Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran NHT Di Kelas V-B SDN 024 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran NHT Di Kelas V-B SDN 024 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran NHT Di Kelas V-B SDN 024 Tarakan

Pengarang : Elvin Saidi Sitanggang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran NHT materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di kelas V-B SDN 024 Tarakan tahun pembelajaran 2013 / 2014. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 22 April 2014 – 30 April 2014. Terdiri dari 2 siklus, dan dalam satu siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN 024 Tarakan 2014 tahun pembelajaran 2013 / 2014 dengan jumlah 25 siswa. Fokus penelitian ini adalah hasil belajar siswa setelah menggunakan model NHT. Data dikumpulkan setiap siklus melalui observasi dan tes hasil belajar.
Nilai hasil belajar sebelum penelitian mencapai ketuntasan belajar dibawah KKM 70. Peningkatan nilai hasil belajar sesudah penelitian siklus I 36% atau 9 siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan 80% atau 20 siswa yang tuntas. Peran aktif siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model NHT ini sangat baik sehingga terjadi peningkatan dari setiap siklus dengan indikator keberhasilan yang ditentukan adalah 70%.
Ranah afektif pada siklus I 32% atau 8 siswa yang tuntas kemudian pada siklus II meningkat menjadi 96% atau 24 siswa yang tuntas. Ranah psikomotorik pada siklus I 20% atau 5 siswa yang tuntas kemudian meningkat menjadi 100% atau 25 siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V-B SDN 024 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Numbered Head Together (NHT)

The aim of this research is to increase the result of learning social science topic of Struggle for Independence using NHT Learning Model at SDN 024 Tarakan. This is classroom action research which was from April 22 to 30, 2014. This research consisted of two cycles; each cycle consisted of two meetings. The research subject were 25 pupils of grade 5-B at SDN 024 Tarakan. The research was focused on the learners’ learning results after they were taught using the NHT model. The data were collected through observation and tests. The accomplishment level before the treatment was 70. In cycle 1 the accomplishment level was 36% (9 pupils), and the level reached 80% (20 pupils) in cycle 2. The learners’ active participation during the treatment period contributed to the achievement increase. For affective aspect the accomplishment level was 32% (8 pupils) in cycle 1 and became 96% (24 pupils) in cycle 2. For psychomotor aspect the accomplishment level was 20% (5 pupils) in cycle 1 and became 100% (25 pupils) in cycle 2. The results indicated that the use of NHT Learning Model was successful in improving the learners’ achievements in learning social sciences. Keywords: Learning Achievement, Numbered Head Together (NHT) Model

Detail Informasi