Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas 1 Melalui Pendekatan Kontekstual Di Sekolah Dasar Negeri 012 Tarakan Tahun Pembelajaran 2013/2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas 1 Melalui Pendekatan Kontekstual Di Sekolah Dasar Negeri 012 Tarakan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas 1 Melalui Pendekatan Kontekstual Di Sekolah Dasar Negeri 012 Tarakan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Pengarang : Dina Bhakti Triuntari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar tematik pada tema Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku untuk siswa kelas Ic SDN 012 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Tahapan pengembangan meliputi penelitian pendahuluan, perencanaan pengembangan, pengembangan bahan ajar dan evaluasi bahan ajar. Beberapa tahap yang akan dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Analisis kebutuhan (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi ahli (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi Produk dan (8) Produk Khir/Final. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Lembar penilaian untuk ahli materi, ahli bahasa, ahli media, pedoman wawancara dan catatan lapangan.
Berdasarkan Hasil penelitian dan pengembangan di simpulkan bahwa bahan ajar tematik tema Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku sangat layak di gunakan pada siswa kelas I SDN 012 Tarakan. Berdasarkan hasil Validasi ahli, bahan ajar dinilai sangat layak. Skor rata-rata bahan ajar yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media diperoleh masing-masing 75,5 (cukup layak), 89,2 (sangat layak), 84 (sangat layak).

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik, Kontekstual

The purpose of this study is to develop a thematic instructional material on the theme Objects, Animals and Plants around me for SDN 012 Ic graders Tarakan. This type of research is the Research and Development (R & D). Preliminary stages of development include research, development planning, development and evaluation of teaching materials teaching materials. Some stages will be done in research and development are (1) analysis of requirements (2) The collection of data (3) Product Design (4) Validation of experts (5) Revised design (6) The test product (7) Revised Product and (8) Product Khir / Final. Product validation is done by the expert material, and expert linguists' media. The instrument used in this study include assessment sheet for material experts, linguists, media specialists, guidance interviews and field notes. Based on the results of research and concluded that the development of teaching material's thematic themes Animals and Plants objects around me are very decent in use in Class 1 SDN 012 Tarakan. Based on the results of validation experts, instructional materials considered very worthy. The average score of instructional materials that have been validated by the expert material, and expert linguist's media obtained respectively 75.5 (pretty decent), 89.2 (very decent), 84 (very decent). Keywords: Research Development, Instructional Materials, Thematic, Contextual

Detail Informasi