Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Merancang Karya Atau Model Dengan Menerapkan Sifat Cahaya Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas V-1 SDN 018 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Merancang Karya Atau Model Dengan Menerapkan Sifat Cahaya Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas V-1 SDN 018 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Merancang Karya Atau Model Dengan Menerapkan Sifat Cahaya Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas V-1 SDN 018 Tarakan

Pengarang : Artiniaty Nasution - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan meningkatkan hasil belajar ipa materi merancang karya atau model dengan menggunakan pendekatan scientific di Kelas V-1 SDN 018 Tarakan.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 018 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V-1 SDN 018 Tarakan yang berjumlah 31 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 17 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek afektif (sikap), tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal uraian (aspek kognitif), dan penilaian unjuk kerja (aspek psikomotor).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi merancang karya atau model dengan menerapkan sifat cahaya di kelas V-1 SDN 018 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar adalah 33% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 64,5% pada siklus II meningkat menjadi 80,6%. Ketuntasan hasil belajar psikomotorik siswa siklus I 29%, pada siklus II meningkat menjadi 93,5%. Kemudian hasil belajar afektif siklus I 22,6%, pada siklus II meningkat menjadi 93,5%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

The objective of this research is to improve the learning results of material designed by ipa or model by using the scientific approach in the class V-1 of SDN 018 Tarakan. The kind of this research is Classroom Action Research (CAR) that has been done at SDN 018 Tarakan in semester II in academic year 2013/2014. Subject of this research were students of V-1 class at SDN 018 Tarakan with total number of students were 31 students, 17 male students and 14 female students. This research has been conducted in two cycles which each cycle consists of two meetings. Procedures of each cycle consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The research instruments that used to gain the data were observation sheets for the students, observation sheets for the teacher, assessment of affective aspect (attitude), objective test which consists of ten multiple-choice questions and two essay (psychomotor aspect). The result of this research shows that by using scientific approach could improve the students’ achievement in science in designing work or model by applying the characteristics of light at V-1 class of SDN 018 Tarakan. It could be seen on the result of study that students gained in each cycle. Before applying the experiment method, the result of study that students gained was 33% Whereas in first cycle by applying the experiment method had enhanced being 64,5% in cognitive aspect and improved to 80,6% in second cycle. The result of study that students gained in psychomotor aspect was 29% in first cycle and improved to 93,5% in second cycle. Then, the result of study that students gained in affective aspect was 22,6% in first cycle and improved to 93,5% in second cycle. The treatment was successful.

Detail Informasi