
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Melalui Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas I-2 Di SDN 018 Tarakan Tahun Pembelajaran 2013/2014
Pengarang : Andi Fauziah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar tematik pada tema pengalamnku untuk siswa kelas I-2 di SDN 018 Tarakan melalui pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Tahapan pengembangan ini meliputi penelitian pendahuluan, observasi, wawancara, pengembangan bahan ajar, validasi ahli, uji coba bahan ajar, evaluasi, dan revisi bahan ajar.
Hasil akhir penelitian ini adalah bahan ajar tematik pada tema pengalamanku untuk siswa kelas I-2 di SDN 018 Tarakan melalui pendekatan kontekstual. Validasi bahan ajar menggunakan instrument lembar validasi. Jumlah skor pada bahan ajar yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli tampilan diperoleh masing-masing skor 70 (sangat baik), 67 (sangat baik), dan 52 (sangat baik). Sedangkan uji coba bahan ajar menggunakan lembar catatan lapangan. Ada tiga uji coba bahan ajar yaitu; uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Setiap uji coba mewakili siswa yang mempunyai kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Uji coba perorangan melibatkan 5 siswa, uji coba kelompok kecil melibatkan 10 siswa, dan uji coba lapangan melibatkan 15 siswa. Ketiga uji coba yang telah dilakukan mendapatkan respon yang positif dalam artian bahan ajar ini dapat dipahami dan dimengerti oleh siswa
Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik pada tema pengalamanku melalui pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan layak untuk digunakan oleh siswa kelas I-2 di SDN 018 Tarakan.
Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik
The aim of the study is to develop thematic materials with my experience theme of first and second grade students in SDN 018 Tarakan through contextual approach. The research design was Research and Development (R & D). The steps in this study were previous study, observation, interview, material development, expert’s validation, tryout the product, evaluation and product revision. The result of this study were thematic materials development with my experience theme of first and second grade students in SDN 018 Tarakan through contextual approach. Product validation was collected from instrument sheet. The material had validated by content expert, language expert, and layout expert, the score was 70 (very good), 67 (very good), and 52 (very good). Field notes used to tryout the product. Three parts of tryout the product, three were individual tryout, small group tryout, and field tryout. Every tryout had students’ level. Individual tryout followed by 5 students, small group tryout followed by 10 students, and field tryout followed by 15 students. All tryout had positive responses. The sudy concluded thematic materials with my experience theme through contextual approach had been developing can be used first and second grade students in SDN 018 Tarakan. Keywords: Research and Development, Thematic Material ls