
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas 1 Melalui Pendekatan Kontekstual Di Sekolah Dasar Katolik Frater Don Bosco Tarakan
Pengarang : Agusten Sibau - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk memaparkan prosedur Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas 1 Melalui Pendekatan Kontekstual Di Sekolah Dasar Katolik Frater Don Bosco Tarakan, (2) untuk mendeskripsikan hasil validasi kualitas produk bahan ajar yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah hasil modifikasi dari model pengembangan Borg and Gall dan model pengembangan ADDIE yang meliputi sembilan langkah pengembangan yaitu tahap (1) Analisis Kebutuhan, (2) Desain Produk, (3) Pengembangan, (4) validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Pemakaian, (9) Revisi Produk Final atau sampai menghasilkan produk final berupa bahan ajar tematik kelas 1 melalui pendekatan kontekstual di sekolah dasar katolik frater don bosco tarakan. Subjek dalam uji coba pemakaian penelitian ini adalah 24 siswa kelas I SDK. Frater Don Bosco Tarakan . Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Wawancara digunakan untuk analisis kebutuhan kepada guru/wali kelas 1 SDK. Frater Don Bosco Tarakan, sedangkan kuesioner digunakan untuk validasi kualitas bahan ajar oleh pakar/ahli bahasa, pakar/ahli materi, pakar/ahli tampilan/layout serta guru/wali kelas IIIa SDK. Frater Don Bosco Tarakan.
Hasil penelitian ini adalah bahan ajar tematik kelas 1 melalui pendekatan kontekstual di sekolah dasar katolik frater don bosco tarakan yang memiliki kualitas sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran tematik kelas 1 pada tema 1 diriku berdasarkan validasi dari pakar /ahli bahasa, pakar/ahli materi, pakar/ahli tampilan/layout, serta guru/wali kelas IIIa . Hal itu ditunjukkan dengan skor rerata produk adalah 86,9 dan termasuk dalam kategori “Valid” ditinjau dari aspek (1) tujuan dan pendekatan, (2) desain dan pengorganisasian, (3) isi, (4) keterampilan bahan ajar, (5) topik, dan (6) metodologi.
Kata Kunci: Metode Penelitian dan Pengembangan, Bahan Ajar, Pendekatan Kontekstual, Buku Tematik Kelas 1 Tema 1 Diriku
The aims to the study are (1) to develop thematic materials first grade students through contextual approach in SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan, (2) to describe the result of product validation. This research design was Research and development (R&D). The procedure of this study adapted from Borg and Galls’ Model and the models were ADDIE which consist of nine steps (1) Need Analysis (2) Product Design, (3) Product Development, (4) Expert Validation, (5) Revision, (6) Tryout the Product, (7) Product Revision, (8) Tryout the Product, and (9) The Final Product. The subjects in tryout the product were 24 students of first grade students in academic year 2013/2014. The instruments of the study were interview and questionnaire. Interview used to analysis teacher’s needs and questionnaire used to validation of material, language use and layout. The results of this study were thematic materials development through contextual approach in SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan which the good quality. The material had validated by content expert, language expert and layout expert. The mean score was 86.9, it means the data had valid category include (1) the goals and approach, (2) design, (3) content, (4) instructional material, (5) topic and (6) methodology. Keywords: Research And Development, Thematic Materials, Contextual Approach