Meningkatkah Hasil Belajar PKn Materi Pengaruh Globalisasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV-B SDN 021 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkah Hasil Belajar PKn Materi Pengaruh Globalisasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV-B SDN 021 Tarakan

Meningkatkah Hasil Belajar PKn Materi Pengaruh Globalisasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV-B SDN 021 Tarakan

Pengarang : Agus Arbi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Judul penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi pengaruh globalisasi dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas IV-B SDN 021 Tarakan.
Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi pengaruh globalisasi dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas IV-B SDN 021 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dimana pada siklus I dilaksanakan pada tanggal 12 Maret dan 14 Maret 2014, dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 19 maret dan 21 maret 2014. Jumlah keseluruhan siswa dalam kelas 29 siswa, siswa laki-laki sebanyak 14 orang dan siswa perempuan sebanyak 15 orang. Desain penelitian ini sesuai dengan desain penelitian yang dikembangkan Suharsimi Arikunto terdiri 4 fase yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian pada penelitian ini di tunjukan dalam persentase, dimana sebelum melaksankan penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 36%. Setelah dilaksanakan penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I pada aspek kognitif sebesar 52%, aspek afektif sebesar 45%, dan aspek psikomotor sebesar 69%. Kemudian pada siklus II ketuntasan hasil belajar pada siklus II pada aspek kognitif sebesar 76%, aspek afektif sebesar 93%, dan aspek psikomotor sebesar 90%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

The aim of the research is to increase the result of learning PKn topic of Globalization Impact Using Contextual Teaching and Learning Model at SDN 021 Tarakan. This is classroom action research which was conducted into two cycles. the first cycle was done on 12 March 2014 and the second one was on 14 March 2014. The subjects were 29 leaners that consisted of 14 males and 15 females. The design of this research consisted of four phases: planning, action, observation, and reflection, followed those of Suharsimi Arikunto. The research findings showed that before given the treatment, the leaners’ level of minimum accomplishment was 36%. After given the treatment, at first cycle the cognitive level reached 52%, the affective level was 45%, and the psychomotor level was 69%. At the second cycle the cognitive level reached 76%, the affective level was 93%, and the psychomotor level was 90%. Keywords: Learning Achievement, Contextual Teaching and Learning Model

Detail Informasi