
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas 1 Melalui Pendekatan Kontekstual Di SD Negeri 010 Tarakan
Pengarang : Afsah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik kelas 1 dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Tujuan khusus yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Tema yang sesuai di dalam penyusunan bahan ajar tematik melalui pendekatan pembelajaran kontekstual (2) Materi yang sesuai di dalam desain pengembangan bahan ajar tematik melalui pendekatan pembelajaran kontekstual (3) Evaluasi yang sesuai di dalam pengembangan bahan ajar tematik melalui pendekatan pembelajaran kontekstual.
Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar tematik kelas 1 dengan menggunakan pendekatan kontekstual adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Beberapa tahap yang akan dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi ahli (5) Revisi produk (6) Uji coba produk dan (7) Revisi produk final. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar penilaian untuk ahli materi, ahli bahasa, ahli media, pedoman wawancara dan catatan lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa bahan ajar tematik tema pengalamanku layak digunakan bagi siswa kelas I SDN 010 Tarakan. Kesimpulan ini dapat ditarik dengan melihat data yang diperoleh selama penelitian berlangsung, yaitu data pada saat melakukan validasi dan uji coba produk. Berdasarkan hasil validasi ahli, bahan ajar dinilai sangat baik oleh ketiga ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media/tampilan. Ahli materi memberikan skor rata-rata 4,78 dengan kriteria sangat baik. Ahli bahasa memberikan skor rata-rata 4,17 dengan kriteria baik. Sedangkan ahli media memberikan skor rata-rata 4,60 dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Penelitian, Bahan Ajar, Tematik
The aim of this research is to develop thematic learning materials for 1st graders using contextual approach The specific objectives of the research are: (1) to have suitable themes for develoving learning materials through contextual approach; (2) to develop thematic learning materials using contextual approach; (3) to create suitable evaluation developing thematic learning materials through contextual approach. The method used in this study is research and development. The phases of the research included: (1) Preliminary study; (2) Research plan; (3) Design development; (4) Expert validation; (5) Revision; (6) Material Testing; (7) Materials revising after testing; (8) Final product. The product validation was done by learning material experts, linguists, and learning materials designers. The instruments used in this research included assessment sheets for learning material experts, linguists, and learning material designers, interview protocols, and field notes. Based on the research results, it can be concluded that the thematic learning materials on theme My Experience was suitable to be used for the 1st graders. This conclusion was drawn from the obtained data when validating and testing product. The learning material were given very good scores by the material experts, the linguists, and the learning material designers. The material experts gave the average of 4.78, the linguists gave 4.17, and the learning material designers gave 4.60. Keywords: Development Research, Learning Materials, Thematic