Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Menghargai Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V-D SDN 012 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Menghargai Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V-D SDN 012 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Menghargai Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V-D SDN 012 Tarakan

Pengarang : Adi Widodo - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V-D SDN 012 Tarakan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus setiap siklus menggunakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V-D SDN 012 Tarakan Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: (1) tes hasil belajar (THB), (2) lembar observasi aktivitas guru, (3) lembar observasi aktivitas siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada hasil belajar IPS materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia melalui pembelajaran picture and picture pada siswa kelas V-D SDN 012 Tarakan. Berdasarkan analisis dari data yang ada diperoleh kesimpulan hasil tes pada siklus I dan II mengalami peningkatan dari 66,66% pada siklus I menjadi 86,66% pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Picture and Picture

This reseach was aimed at improving the social science learning achievement on appreciating the diversity of etnics and culture in Indonesia by using picture and picture learning model at class V-D of SDN 012 Tarakan. This research employed classroom action research (CAR) which carried out in two cycles where each cycles was hold in two meetings. The students of class V-D of SDN 012 Tarakan was the subject of this research. To obtain the data,the researcher used : (1) achievement test,(2) observation sheet for teacher activity,(3) observation sheet for students activity. The data were analyzed using statistical descriptive. the diversity appreciation of the ethnics and cultures Indonesia materials by using picture and picture learning model in class V-D students of SDN No.012 Tarakan. Based on the data analysis, it can be concluded that the test result on the cycle I and II improved from 66.66% on the cycle I to 86.66% on the cycle II. Based on the result of the research, it can be concluded that the use of picture and picture model can improve the students achiecement. Keywords: Learning Outcomes, Methods Picture and Picture

Detail Informasi