
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V-B SDN 012 Tarakan
Pengarang : Ade Fitri Hadiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-B SDN 012 Tarakan tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 10 Maret - 24 April 2014. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V-B SDN 012 Tarakan dengan jumlah 29 siswa. Terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: Hasil Belajar siswa dalam 3 aspek yaitu aspek kognitif, psikomotorik, afektif, serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan aktivitas guru. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Siklus I pada aspek kognitif 52%, psikomotorik 38%, afektif 28%, aktivitas belajar siswa 63%, aktivitas guru 3,3. Pada siklus II kognitif 86%, psikomotorik 93%, afektif 90%, aktivitas belajar siswa 86%, dan aktivitas guru 3,8.
Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Penelitian Tindakan Kelas, Kognitif, Psikomotorik, Dan Afektif
This study was conducted to improving the results study of Science of grade V-B students of SDN 012 Tarakan 2013/2014. This research was carried out starting from 10 March to 24 April 2014. Research subject is grade V-B students Tarakan SDN 012 as much as 29 students. Consisted of 14 male students and 15 female students. This research is an action research conducted in two cycles. The data obtained in this study include: student learning results in 3 aspects: cognitive, psychomotor, affective, and observations of student activity and teacher activity. The results of this study showed an increase in student learning outcomes. In cycle I, on the cognitive aspects of 52%, 38% psychomotor, affective 28%, 63% and learning activities of students, teachers normaly 3.3. In the second cycle of cognitive 86%, 93% psychomotor, affective 90%, 86% of student learning activity, and the activity of 3.8 teachers. Keywords: Scientific Approach, Classroom Action Research, Cognitive, Psychomotor, Affective