
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Sub Tema I Energi Bunyi Menggunakan Pendekatan Scientific Di SDN 009 Tanjung Palas
Pengarang : Rukiah S. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada sub tema I energi bunyi menggunakan Pendekatan Scientific di SDN 009 Tanjung Palas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juni sampai dengan September 2014 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 009 Tanjung Palas pada semester pertama tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 orang.
Data diperoleh melalui proses pembelajaran dengan pendekatan scientific dan pemberian tes pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 63,57 dan terdapat 8 siswa yeng belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata sebesar 8,57 dengan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 72,14 dengan 6 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan scientific pada siswa kelas IV SDN 009 Tanjung Palas.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific
This research was to improve students’ learning outcomes at fourth grade on sub-theme I Sound Energy using scientific approach in SDN 009 Tanjung Palas. This type of research was the Classroom Action Research (CAR). This research was conducted from July to September 2014 with 4 meetings in 2 cycles. The subjects were 28 students at the fourth grade of SDN 009 Tanjung Palas in the first semester of academic year 2014/1015. Data were obtained throught the learning process using scientific approach and tests giving at the end of each cycle. Based on the results of results of research conducted in the first cycle, the average scores of student learning outcomes reached 63.57 and there were 8 students who did not reach the minimum completeness criteria. While in second cycle it increased 8.57 points with the average score of students learning outcomes reached 72.14 with 6 students who did ot reach the minimum completeness criteria. These results show that there is an improvement in students’ learning outcomes on the sub theme I Sound Energy using scientific approach at the fourth of SDN 009 Tanjung Palas. Keywords: Learning Outcomes, Scientific Approach