
Meningkatkan Kemampuan Membaca Pantun Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Pemodelan Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Tanjung Palas Tahun Ajaran 2014/2015
Pengarang : Juwita Abbas - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pantun dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pemodelan pada siswa kelas IV SDN 004 Tanjung Palas Tahun Ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 004 Tanjung Palas yang berjumlah 19 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 60,37% dari kriteria ketuntasan minimum 70. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 63% dengan rincian 12 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84% dengan rincian 16 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan metode pemodelan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca pantun siswa kelas IV SDN 004 Tanjung Palas Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia, Metode Pemodelan
This study aims to improve reading skills in learning Indonesian poem using modeling methods in grade IV SDN 004 Tanjung Palas Academic Year 2014/2015. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were fourth grade students of SDN 004 Tanjung Palas totaling 19 students, the data obtained by using the test results of student learning, teacher activity observation sheets and sheets of observations of student activity in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before the given action in the classical learning completeness reached only 60.37% of the minimum completeness criteria 70. After the action in the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 63% with the details of 12 students 7 students completed and incomplete, then increased in the second cycle to 84% with the details of 16 students completed and 3 students did not complete. Conclusion Class Action Research (PTK) is the use of modeling methods in teaching Indonesian to improve the ability to read the poem grade IV SDN 004 Tanjung Palas Academic Year 2014/2015. Keywords: The Ability To Read, Indonesian, Modeling Methods