
Meningkatkan Hasil Belajar PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Di Kelas III C SDN 003 Tarakan
Pengarang : Made Ayu Pransisca - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi Ciri Khas Bangsa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share pada siswa kelas III-C SDN 003 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 003 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas III-C SDN 003 Tarakan yang berjumlah 36 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 17 siswa dan perempuan berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar) aspek afektif (kerjasama kelompok), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Ciri Khas Bangsa Indonesia siswa kelas III-C SDN 003 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 39% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif tetap 39% pada siklus II meningkat menjadi 75%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 0% siswa yang tuntas pada siklus II meningkat menjadi 94%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 6% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair and Share, Hasil Belajar Siswa
The objective of this research was to improve students’ learning result in Civics on the materials about the Characteristics of Indonesia. This research applied the model of cooperative learning typed Think Pair and Share at third grade students at class IIIC of SDN 003 Tarakan. The research design used by the researcher was Classroom Action Research (CAR) conducted in SDN 003 Tarakan in semester II academic year 2014/2015. The subject of this research was the students at class III-C of SDN 003 Tarakan. The number of the students in this class was 36 students of 17 males and 19 males. This research was conducted in two cycles. Each cycle consisted of two meetings. The procedure of each cycle consisted of planning, acting or implementing, observing and reflecting. The data of this research was taken by using students’ observation sheet, teacher’s observation sheet, cognitive assessment (learning result test), affective assessment (group work or discussion) and psychomotor assessment (group’s presentation). The result of this research proved that by applying the model of cooperative learning typed Think Pair and Share could improve students’ learning result in civics about the characteristics of Indonesia at class III C of SDN 003 Tarakan. It could be seen from the percentage in each cycle which the students achieved. The percentage of success was 39 % only before applying the learning model. Whereas, after applying the model of learning in cycle I, students’ percentage of success in cognitive aspect was 39 % and improved to 75 % in cycle II. In cycle I students’ learning result in affective aspect was 0 % whereas in cycle II it was improved to 94 %. Then, in cycle I students’ learning result in psychomotor aspect was 6 % meanwhile in cycle II it was improved to 100%. Therefore, it can be concluded that the research was success and correlates with the indicator of success. Keywords: Cooperative Learning, Think Pair and Share, Students’ Learning Result