Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema Hidup Rukun Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas II SDN 003 Bunyu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema Hidup Rukun Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas II SDN 003 Bunyu

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema Hidup Rukun Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas II SDN 003 Bunyu

Pengarang : Supriadi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema hidup rukun menggunakan model Problem Based Learning di kelas II SDN 003 Bunyu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil pengamatan aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran meningkat, siklus I nilai yang diperoleh adalah sebesar 73 dan siklus II sebesar 91. Hasil analisis aktivitas guru tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif yang juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 30% meningkat sebesar 45% menjadi 75% pada siklus ke II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah pembelajaran tematik dengan tema Hidup Rukun menggunakan model Problem Based Learning di kelas II SDN 003 Bunyu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema Hidup Rukun, Tematik, Model Problem Base Learning

This research aims to improve student learning outcomes on the theme of learning by using a model of Problem Based Learning in second grade of SDN 003 Bunyu. The Classroom Action Research (CAR) was conducted in two cycles, consisting of four stages: planning, action, observation and reflection. Data collection instruments were used a test of learning outcomes, student activity observation sheets, and teacher observation sheet in the management of learning activities. The average observations of teachers in managing learning activity increases, the first cycle result was 73. Meanwhile, the second cycles were 91. The results of the analysis of the teacher’s activities influence on student learning outcomes. The cognitive also increased from the first cycle to second cycle. The presentation of classical completeness percentage in the first cycle was 30%. It increased from 45% to 75% in cycle two. Finally, the conclusion of this Classroom Action Research (CAR) is the thematic learning with the theme of harmonious life by using the Problem Based Learning model in the second grade of SDN 003 Bunyu can improve student outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Theme, Life Pillars, Thematic, Problem Based Learning Model

Detail Informasi