
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Menggunakan Pendekatan Scientific Dengan Model Pembelajaran STAD Di Kelas I SDN 009 Tanjung Palas Utara
Pengarang : Suparmin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari peneliian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema diriku sub tema tubuhku menggunakan pendekatan scientific dengan model pembelajaran STAD di kelas I SDN 009 Tanjung Palas Utara.
Penelitian ini dilaksanakanmulai tanggal 1 Juli sampai dengan 30 Agustus 2014 pada semester ganjil. Jenis penelitian yang diunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 11 Orang.Instrumen penelitian yang digunakan adalah Observasi.
Hasil penelitian siklus I peningkatan belajar siswa mencapai 63,6 persen dan siklus II mencapai 81,8 persen ini menunjukkan bahwa siswa telah mencapai indikator kesuksesan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan scientific dengan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di SDN 009 Tanjung Palas Utara.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific Dengan Model STAD
Purpose of this research is to improve students’ learning outcomes to the theme “myself” sub theme “my body” using a scientific approach with learning STAD models in 1st (first) grade as SDN 009 Tanjung Palas Utara. The research waws conducted from 1st July until 30 August of 2014 in odd semester. Kind of research that used is research of class action, this research is held in 2 in 2 cycles, call now of them Consist of planning, implementation, observation and reflection. Subject of this research is students of first grade, amounting to eleven students. Instrument of this research that used is Observation. The results of the research cycle 1 positive attitude indicator of students reached 63,6 percent and reached 81,8 percent 2 cycles indicates that the students have reached an indicator of success. Based on the result of the research, it can be concluded that the scientific approach to learning using STAD learning model can improve students learning outcomes in grade 1 at SDN 009 Tanjung Palas Utara. Keywords: Learning Outcomes, Scientific Approach with STAD Model