
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 009 Sesayap Hilir
Pengarang : Suharto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan menggunakan metode Demonstrasi di kelas IV SDN 009 Sesayap Hilir.
Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Bentuk tes berupa soal pilihan essay. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 009 Sesayap Hilir dengan jumlah siswa 8 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan metode Demonstrasi pada materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 62.5% pada siklus I menjadi 87.5% pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
The objective of this research is to improve students’ learning achievements on Natural Science subject’s material of Structures and Functions of the Parts of Plants by using demonstration method at fourth grade students of SDN 009 Sesayap Hilir. In conducted this research, the researcher used Classroom Action Research (CAR) with two cycles. The tests were in the form of filled questions. The questions were suited with special instructional purpose which has been formulated. The subjects of this research were 9 fifth grade students of SDN 009 Sesayap Hilir. The techniques of data analysis used were qualitative data (students’ attitude) and quantitative data (students’ learning achievements). The results of this research showed that there was an improvement on students’ learning achievements on Natural Science Subject’s material of Structures and Functions of the Parts of Plants by using at fifth grade students of SDN 009 Sesayap Hilir. The mean of the students’ achievements improved from 62.5% at cycle I to 87.5% at cycle II. That improvement proved that students’ masteries level can be categorized as very good. Keywords: Learning Achievement, Demonstration Method