
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas V SDN 006 Sesayap
Pengarang : Rapiah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatiftipe STAD dikelas V SDN.006 Sesayap Kabupaten TanaTidung. Serta memberikan informasi tambahan kepada guru lain. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptifkualitatif dengan 2 siklus.
Subjek penelitian adalah siswakelas V SDN.006 Sesayap yang berjumlah siswa 10 siswa. Data dikumpul melalui teshasil belajar, observasi lembar pengamatan aktifitassiswa. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan dari pelaksanaan siklus PTK dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentasi dan rata-rata untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan deskriptif, dengan populasi sekaligus sampel siswa kelas V SDN.006 Sesayap Kabupaten Tana Tidung yang memiliki nilai rata-rata dibawah nilai KKM 6,0 atau nilai rata-ratanya 4,5.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika khususnya kelas V SDN.006 Sesayap dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan keaktifan siswa dan membantu guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, KPK dan FPB, Metode Kooperatif STAD
This study aims to improve student learning outcomes by using the cooperative method in class V type STAD SDN. 006 Sesayap Lower Tana Tidung. As well as providing additional information to other teachers. The study used a qualitative descriptive study with 2 cycles. Subjects were students of class V SDN. 006 Sesayap totaled 10 Students. Data collected through achievement test, observation sheet observation of student activity. Data collected at each execution cycle of PTK activity were analyzed using descriptive presentation technique and average to see trends in the teaching learning activities. This research is a descriptive study, with a sample of the population as well as students of class V SDN 006 Sesayap Lower Tana Tidung having average value below the value of 6,0 or great-value KKM average 4,5. The results showed the used of type STAD cooperative method in math class V in particular Elementary School. 006 Sesayap can improve student learning outcomes, increase student activity and assist teachers in design and implement learning activities. Keywords: Improve Learning Outcomes, KPK and FPB, Method STAD Cooperative