
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Di Kelas V SDN 001 Tanjung Palas Timur Tahun Pembelajaran 2014/2015
Pengarang : Usman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan pendekatan Matematika Realistk di kelas SDN 001 Tanjung Palas Timur pada materi menyelesaikan maslah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 001 Tanjung Palas Timur yang berjumlah 25 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk Essay, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 45% dari kriteria ketuntasan minimum (75). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 60% sampai 80% masing-masing siklus. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 001 Tanjung Palas Timur.
Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Menyelesaikan Masalah Yang Berkaian Dengan Bangun Datar Dan Bangun Ruang Sederhana
This research intent to Increase Mathematics studying result utilize Realistic Mathematics approaching at brazes SDN 001 Palas's Cape East on material problem solves that gets bearing with built monotonic and built spatial simple. This observational type is observational action braze that executed deep 2 cycles, one that each cycle consisting of planning phase, performing, observation and reflection. Observational subject is student braze v SDN 001 Palas's Cape East that total 25 students, acquired data by use of essays student studying result in shaped Essay, activities observing sheet learn and activity watch sheet student in learning management. analysis's tech that is utilized is tech analysis qualitative data and analysis's tech quantitative data. This observational result points out that increasing happening on yielding learned student. Can be seen from acquired result on each cycle, before given by thoroughness action studies classical's ala just reaches 45% of minimum thoroughness criterions (75). After been done action on i. cycle and cycle II., learning attainment step by step increase of 60% until 80% each cycle. Can be concluded that Mathematics Approaching purpose Realistic can increase Mathematics learning On Student brazes v SDN 001 Palas's Cape East. Keywords: Realistic Mathematics Approaching, Troubleshoot That Related by Gets Up Evenly and Simple Room Build