Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Bangun Datar Dan Bangun Ruang Sederhana Pada Siswa Kelas V SDN 004 Tanjung Palas Tahun Pembelajaran 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Bangun Datar Dan Bangun Ruang Sederhana Pada Siswa Kelas V SDN 004 Tanjung Palas Tahun Pembelajaran 2014/2015

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Bangun Datar Dan Bangun Ruang Sederhana Pada Siswa Kelas V SDN 004 Tanjung Palas Tahun Pembelajaran 2014/2015

Pengarang : Sumartini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran matematika materi bangun datar dan bangun ruang sederhana. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus, siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam dua kali tatap muka. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 004 Tg.Palas tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 orang terdiri atas 7 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes tertulis dan non tes (lembar observasi guru). Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif (sederhana) yaitu teknik persentase dan dihubungkan dengan standar atau kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria yang dijadikan tolok ukur keberhasilan tindakan adalah 75% siswa telah mencapai KKM yang diterapkan yaitu 65.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai 20 Mei 2015 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 004 Tanjung Palas tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 siswa. Data diperoleh melalui observasi proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga bangun ruang serta pemberian tes pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, kriteria ketuntasan belajar klasikal pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 62% dengan rata-rata nilai sebesar 60,5 dan meningkat pada siklus II menjadi 95% dengan rata-rata nilai sebesar 80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar dan bagun ruang sederhana siswa kelas V SDN Tanjung Palas.

Kata Kunci: Alat Peraga, Matematika SD, Hasil Belajar

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi