Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Pengajaran Langsung Di Kelas V SDN 011 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Pengajaran Langsung Di Kelas V SDN 011 Tanjung Palas

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Pengajaran Langsung Di Kelas V SDN 011 Tanjung Palas

Pengarang : Sulaiman Lutap - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 011 Tanjung Palas Menggunakan Model Pengajaran Langsung.
Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dan tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes pilihan ganda dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan.
Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 011 Tanjung palas yang jumlah 8 siswa, dengan menggunakan model pengajaran langsung. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 011 Tanjung Palas dalam materi daur air dengan menggunakan model pengajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang dicapai siswa yaitu pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 62,5% dan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 87,5%.

Kata Kunci: Model Pengajaran Langsung, IPA SD

This research purposes to improve learning outcomes IPA on 011 fifth grade students of SDN Tanjung Palas Using Direct Teaching Model Data collection were obtained from the observation, and testing at each end of the cycle. The form of multiple-choice tests and personalized. Problem was made by researchers and tailored to the specific instructional objectives that have been formulated. Results of the analysis showed that there was an increase in student learning outcomes class V SDN 011 Cape palas that the number of 8 students, using teaching models directly. Results of the analysis showed that there was an increase in student learning outcomes class V SDN 011 Tanjung Palas in water recycling material by using the direct teaching model. It can be seen from the value achieved in the first cycle of students that obtained 62.5% classical completeness, and second cycle obtained 87.5% classical completeness. Keywords: Direct Teaching Model, IPA SD

Detail Informasi