Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 011 Tanjung Selor Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 011 Tanjung Selor Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 011 Tanjung Selor Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar

Pengarang : Simson Liw - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktif dalam bertanya ,siswa kurang melakukan percobaaan dalam pembelajaran, malu dan takut menjawab pertanyaan dari guru. Masalah yang dibahas adalah bagaimana meningkat hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN.011 Tanjung Selor, Dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN.011 Tanjung Selor. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Kelas dijadikan subjek penelitian adalah kelas IV SDN.011 Tanjung Selor, dengan jumlah siswa 11 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada aktivitas guru dalam proses pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan tes hasil belajar siswa. Aktivitas mengajar guru meningkat sebesar 22 poin, yakni dari 65,9 ( Katagori Cukup ) pada siklus pertama menjadi 87,9 ( Kategori sangat Baik ) pada siklus kedua. Aktivitas belajar siswapun meningkat sebesar 42,50 % yakni 44,29% ( Kategori kurang ) pada siklus pertama menjadi 86,79% ( Kategori sangat baik ) pada siklus.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, Media Gambar Hasil Belajar IPS

This research was motivated by less active in asking, students do experiment is lacking in learning, embarrassed and afraid to answer questions from the teacher. Issues discussed was how to increase the results of the fourth grade social studies students SDN.011 Tanjung Selor, Using Assisted Learning Model Direct Media Gambar. Tujuan research is to improve learning outcomes in grade IV IPS SDN.011 Tanjung Selor. This study uses a classroom action research. This research was conducted in two cycle. Class used as research subjects is a class IV SDN.011 Tanjung Selor, the number of students 11 people. The results showed that there was an increase in activity of the teacher in the learning process, student learning activities, and test student learning outcomes. Teaching activities of teachers increased by 22 points, ie from 65.9 (Categories Enough) in the first cycle to 87.9 (category very Good) on second cycle. the students' learning activities increased by 42.50% i.e. 44.29% (Category less) in the first cycle into 86.79% (category very good) cycle. Keywords: Learning Models Direct, Media Image Learning Outcomes

Detail Informasi