
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Penggunaan Uang Sesuai Dengan Kebutuhan Menggunakan Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas III SDN 011 Peso
Pengarang : Septi Tijo - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar IPS materi penggunaan uang sesuai kebutuhan dengan menggunakan metode tanya jawab berbantuan media gambar Pada Siswa Kelas III SDN 011 Peso.
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 pertemuan, dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa dan lembar aktivitas guru.
Hasil belajar yang diperoleh pada penggunaan metode tanya jawab berbantuan media gambar pada pembelajaran IPS materi penggunaan uang sesuai kebutuhan di kelas III SDN 011 Peso adalah diketahui bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I diperoleh ketuntasan secara klasikal 60% dengan rata-rata nilai 66,5 sedangkan pada siklus II sudah mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 90% dengan rata-rata nilai 78.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode tanya jawab berbantuan media gambar pada mata pelajaran IPS materi penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SDN 011 Peso.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Penggunaan Uang Sesuai Kebutuhan, Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Gambar
This study aims to Improve learning outcomes IPS material the use of money as required by using the method of question-and-answer media aided drawing In the Grade III SDN 011 Peso. Classroom action research conducted in two cycles, each cycle conducted two meetings, and each cycle consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques used were a test of learning outcomes, assessment of student activity sheets and activity sheets teachers. Study results obtained in the use of question-and-answer method aided drawing media learning material IPS use the money as needed in class III SDN 011 Peso is known that student learning outcomes obtained in the first cycle obtained in classical completeness 60% with an average value of 66, 5, while in the second cycle has reached mastery in classical by 90% with an average value of 78. Based on the results obtained in the study it can be concluded that the use of question-and-answer method aided image media in social studies material in accordance with the requirement of use of money can enhance student learning outcomes in grade III SDN 011 Peso. Keywords: Learning Outcomes IPS, Use the Money as Needed, The Method of Question Responsible Media Aided Image