
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 011 Tanjung Palas Kabupaten Bulungan
Pengarang : Salmah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN 011 Tanjung Palas. Materi sumber daya alam. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi , dan tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes isian singkat, pilihan ganda dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 011 Tanjung Palas yang berjumlah 11 siswa, melalui metode demonstrasi.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 011 Tanjung Palas dalam materi sumber daya alam melalui metode demonstrasi. Hal ini dapat dilihat rat-rata yang dicapai siswa yaitu 72 dan 82.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
The purpose of this study was to determine the learning outcomes of fourth grade students of SDN 011 Tanjung Palas. Material resource. The collection of data obtained from the results of observations and tests at the end of each cycle. Short form field test, multiple choice and personalized. Problem was made by researchers and tailored to the specific instructional objectives that have been. Results of analysis showed that improving student learning outcomes in grade IV SDN Tanjung Palas 011 a total of 11 students, through the method of demonstration. Results of analysis showed that there was an increase in learning outcomes of fourth grade students of SDN 011 Tanjung Palas in the matter of natural resources through the method of demonstration. This can be achieved rat average student is 72 and 82. Keywords: Results of Study, Methods Demonstration