
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan
Pengarang : Rodina Legah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Kelas yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas IV SDN 002 Tanjung Selor dengan jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) pengamatan, yaitu lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa, dan (2) tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan prosedur statitstik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada tes hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Hasil belajar siswa dilihat dari pemahaman siswa mulai dari prasiklus, siklus I, dan Siklus II yaitu masing-masing 30%, 40% dan 85%, hal ini terjadi peningkatan yang signifikan sesuai dengan tujuan penelitian. Aktivitas belajar siswa pun meningkat dari 68.33% (kategori cukup) pada siklus pertama menjadi 85.83% (kategori sangat baik) pada siklus kedua. Sedangkan aktivitas guru pun terjadi perubahan proses pembelajaran, pada siklus I guru kurang mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik, masih kurang efisien dalam penggunaan waktu, dan kurang emberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, menanggapi. Kemudian, pada siklus II guru sudah antusian memberikan pelajaran, penerapan metode pembelajaran sudah efekti, perangkat pembelajaran sudah disiapkan dengan baik, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba/menemukan sendiri dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang.
Tidak Tersedia Deskripsi