Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN 008 Tanjung Palas Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN 008 Tanjung Palas Utara

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN 008 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Ratnawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada kelas III SDN 008 Tanjung Palas Utara . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015 pada semester genap tahun pelajaran 2014 / 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 orang instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil penelitian pada siklus I presentase ketuntasan siswa mencapai 57 % dan siklus II 86 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan belajar IPS di kelas III SDN 008 Tanjung Palas Utara.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick

The objective of this research is to improve learning outcomes IPS using cooperative learning model talking stick in class III SDN 008 Tanjung Palas Utara. This study was conducted in May 2015 in the second semester of academic year 2014 / 2015. This type of research is classroom action research. This study was conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this study were students of class III, amounting to 28 instruments used are tests and observation. Results of the study in the first cycle completeness percentage of students achieving 57% and 86% the second cycle. Based on the results of this study concluded that cooperative learning model talking stick can enhance social studies in grade III SDN 008 Tanjung Palas 008 Utara. Keywords: Result Study, Social Science, Cooperative Learning Model Talking Stick

Detail Informasi