
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Tahun Pembelajaran 2014/2015
Pengarang : Ratna Wilis - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan dengan dua siklus, siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam dua kali tatap muka. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 007 Tg.Palas tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 orang terdiri atas 7 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes tertulis dan non tes (lembar observasi guru). Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 007 Tg.Palas Mata Pelajaran IPA meteri Sumber Daya Alam semester II tahun pembelajaran 2014/2015. Untuk keaktifan siswa saat mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran terjadi peningkatan yang semula akhir siklus I hanya 9 orang siswa yang terlihat aktif atau 45%, ternyata akhir siklus II jumlah siswa yang aktif meningkat menjadi 16 orang atau 85%. Kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan semula pada akhir siklus I hanya 8 siswa atau 40% dan pada siklus II meningkat menjadi 13 orang siswa atau 65%. Siswa hadir untuk tetap semangat sebanyak 20 orang siswa tetap buka baik pada siklus I maupun pada siklus II yaitu 100%. Aktif memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru pada akhir siklus I sebanyak 15 siswa atau 75% dan pada akhir siklus II menjadi 20 siswa atau 100%. Aktif memberikan komentar terhadap tampilan gambar yang digunakan dalam proses pembelajaran pada akhir siklus I sebanyak 7 siswa atau 35% dan pada siklus II sebanyak 15 siswa 75%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata perolehan siswa sebesar 63,75 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 26%, dan pada siklus II terjadi peningkatan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 81,05 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 84%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA meteri Struktur dan Sumber Daya Alam dengan mengunakan pendekatan Demonstrasipadasiswa kelas IV SD Negeri 007 Tg.Palas tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Hasil belajar, Metode Demonstrasi
Tidak Tersedia Deskripsi