Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Bangga Sebagai Anak Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas III SDN 009 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Bangga Sebagai Anak Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas III SDN 009 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Bangga Sebagai Anak Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas III SDN 009 Tanjung Selor

Pengarang : Melka Usat - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi bangga sebagai anak Indonesia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas III SDN 009 Tanjung Selor. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui 3 cara, yaitu wawancara, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian afektif siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek afektif untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12,50 yaitu siklus I rata-rata afektif siswa memperoleh nilai sebesar 68,00 dan siklus II mencapai rata rata 80,50. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Peresentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 50,00% meningkat menjadi 80,00% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi bangga sebagai anak Indonesia di kelas III SDN 009 Tanjung Selor dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Model Pembelajaran Kooperatif, Make A Match

Class Action Research (PTK) aims to improve learning outcomes Civics on the material proud as Indonesian children using cooperative learning model make a match in the class III SDN 009 Tanjung Selor. Class Action Research (PTK) conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation and reflection. Data collection techniques used through 3 ways, namely interviews, observations, and tests. Data collection instruments used were a test result of learning, student assessment sheets affective, observation of student activity sheets and sheets of observations activity of teachers in the management of learning. The average results for the affective aspect of learning in all aspects of the students obtained in the first cycle to the second cycle increased by 12.50 that the average first cycle affective students obtain a value of 68.00 and second cycle reached an average of 80.50. While the average learning outcomes on cognitive aspects increased from cycle I to cycle II. Percentage classical learning success in the first cycle of 50.00% increased to 80.00% in the second cycle. Conclusion Class Action Research (PTK) is the use of cooperative learning model make a match on the material proud as Indonesian children in class III SDN 009 Tanjung Selor can improve student learning outcomes. Keywords: Result Study, Civics, Cooperative Learning Model Make A Match

Detail Informasi