
Pengaruh Tema Iklan, Musik dan Bintang Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Rinso Cair Di Kota Tarakan
Pengarang : Amalia Syafitri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tema iklan, musik dan bintang iklan terhadap keputusan pembelian sabun rinso cair di Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan teknik penentuan sampel menggunakan multistage random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Tarakan khusunya ibu rumah tangga yang pernah membeli atau sedang menggunakan sabun rinso cair. Jumlah responden sebanyak 399 orang. Metode analisis menggunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa tema iklan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, musik dan bintang iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sabun rinso cair di Kota Tarakan.
This study aims to examine the effect advertisement theme, music and advertisement star on purchasing decision of liquid soap rinso in Tarakan City. This research uses quantitative approach with survey method. Sampling method used in this research is probability sampling with sample determination technique using multistage random sampling. The sample in this research is Tarakan city community especially the housewife who have bought or are using rinso liquid soap. The number of respondents is 399 people. The method of analysis using regression analysis with the help of SPSS program version 16.0. The results of this study indicate that the advertising theme has a negative and insignificant effect on purchasing decisions, music and advertising stars have a positive and significant influence on the purchase decision of liquid soap rinso in Tarakan City.