
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPS Materi Masalah Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 009 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan
Pengarang : Martinus Aing - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan keterampilan proses siswa dalam belajar di kelas dan kurangnya penguasaan konsep oleh siswa. Masalah yang dibahas adalah bagaimana Penerapan Model Pembelalajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembeljaran IPS Materi Masalah Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 009 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Kelas yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas IV SDN 009 Tanjung Selor dengan jumlah siswa 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) menggunakan lembar pengamatan, yaitu lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa, dan (2) tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan prosedur statitstik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan tes hasil belajar siswa. Kemampuan mengajar guru meningkat yakni dari 59.43 (kategori kurang) pada siklus pertama menjadi 80.69 (kategori baik) pada siklus kedua. Aktivitas belajar siswa pun meningkat yakni dari 55,71% (kategori cukup) pada siklus pertama menjadi 83,33% (kategori baik) pada siklus kedua. Dengan demikian penguasaan materi oleh siswa melalui tes hasil belajar juga meningkat yakni dari rata-rata 63.50 (kategori cukup) pada siklus pertama menjadi 80.17 (kategori baik) pada siklus kedua; sehingga ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal meningkat poin, yaitu dari sebesar 35% pada siklus pertama menjadi 80% pada siklus kedua.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil Belajar IPS pada siswa Kelas IV SDN 009 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.
Tidak Tersedia Deskripsi