
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Penggunaan Uang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas III SDN 002 Tanjung Palas
Pengarang : Mariana Usat - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi penggunaan uang melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di kelas III SDN 002 Tanjung Palas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 002 Tanjung Palas yang berjumlah 12 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 58,14% dari kriteria ketuntasan minimum 65. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 66,67% menjadi 83,33% masing-masing siklus.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada materi penggunaan uang di kelas III SDN 002 Tanjung Palas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture
This research aims to improve learning outcomes social science on the material the use of money through cooperative learning model picture and picture in class III SDN 002 Tanjung Palas. This research is classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were third grade students of SDN 002 Tanjung Palas, amounting to 12 students, the data obtained by using students' test results in the form of multiple choice, teacher activity observation sheets and sheets of observations of student activity in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before the given action in the classical learning completeness reached only 58.14% of the minimum completeness criteria 65. After the action in the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 66.67% to 83, 33% of each cycle. Conclusion Class Action Research (PTK) is the use of cooperative learning model picture and picture on the material the use of money in the class III SDN 002 Tanjung Palas can improve student learning outcomes. Keywords: Result Study, Social Science, Cooperative Learning Model Picture And Picture