Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Di Kelas II SDN 019 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Di Kelas II SDN 019 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Di Kelas II SDN 019 Tanjung Selor

Pengarang : Mardawiyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan pendidikan matematika realistik pada materi bangun datar dengan subjek penelitian kelas II SDN 019 Tanjung Selor.
Berdasarkan data hasil penelitian di tunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 66,7% siswa tuntas yang memenuhi nilai KKM ≥ 65. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas mencapai 77,8%. Data pengamatan terhadap sikap siswa pada siklus I sebesar 55,6% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 72,2%. Sedangkan penilaian pengamatan terhadap keterampilan siswa pada siklus I sebesar 61,8% dan meningkat pada siklus II sebesar 70,8%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SDN 019 Tanjung Selor.

Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Bangun Datar

This study uses a classroom action research conducted by two cycles. The research aims to improve learning outcomes approach mathematics through realistic mathematics education in the flat with the subject matter of research wake class II SDN 019 Tanjung Selor. Based on the research data show that mastery learning outcomes of students in the first cycle ie 66.7% of students completed that meets the KKM ≥ 65. Meanwhile, on the second cycle students who completed reached 77.8%. Observational data on the attitudes of students in the first cycle of 55.6% and on the second cycle increased to 72.2%. While the observation of the skills assessment of students in the first cycle of 61.8% and increased in the second cycle of 70.8%. Based on the results of this study concluded that through a realistic approach to mathematics instruction at a flat wake material can improve the learning achievement of students in the class II SDN 019 Tanjung Selor. Keywords: Realistic Mathematics Learning Approach, Build Flat

Detail Informasi