Penggunaan Media Gambar Pada Materi Pelestarian Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III Di SDN 002 Tanjung Palas Barat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penggunaan Media Gambar Pada Materi Pelestarian Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III Di SDN 002 Tanjung Palas Barat

Penggunaan Media Gambar Pada Materi Pelestarian Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III Di SDN 002 Tanjung Palas Barat

Pengarang : Makda - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pelestarian sumber daya alam dengan penggunaan media gambar kelas III di SDN 002 Tanjung Palas Barat. Jenis penelitian ini adalah peneltian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 002 Tanjung Palas Barat yang berjumlah 17 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk isian, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 47% dari kriteria ketuntasan minimum 70. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 53% menjadi 88% masing-masing siklus.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan media gambar pada materi pelestarian sumber daya alam di kelas III SDN 002 Tanjung Palas Barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Media Gambar

This research aims to improve science learning outcomes in material preservation of natural resources with the use of media images class III in SDN 002 Tanjung Palas Barat. This Research is classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were third grade students of SDN 002 Tanjung Palas Barat, amounting to 17 students, the data obtained by using students’ test results in the form of stuffing, teacher activity observation sheets and sheets of observation of student activity in learning management. The analysis Technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before the given action in the classical learning completeness reached only 47% of the minimum completeness criteria 70. After the action in the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 53% to 88% respectively cycle. Conclusion Class Action Research (PTK) is the use of media images on material conservation of natural resources in class III SDN 002 Tanjung Palas Barat can improve student learning outcomes. Keywords: Result Study, Science, Media Images

Detail Informasi