Meningkatkan Kemampuan Mengarang Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Di Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Mengarang Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Di Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Utara

Meningkatkan Kemampuan Mengarang Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Di Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Leni Sarlina L. - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang sederhana dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Utara.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Utara yang berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil ketuntasan pada siklus I memperoleh persentase sebesar 55%, sedangkan siklus II mencapai ketuntasan 85%. Hasil penelitian pada siklus II telah memenuhi lebih dari indikator keberhasilan tindakan yang telah di tetapkan yakni 75%.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi mengarang sederhana di kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Media Gambar

Class Action Research (PTK) aims to improve the ability of simple fabricated using media images beamed in grade IV SDN 012Tanjung Palas North. Class Action Research (PTK) conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. The subjects were students of class IV SDN 012 Tanjung Palas North, amounting to 20 students. Data collection instruments used were a test result of learning, observation of student activity sheets and sheets of observations activity of teachers in the management of learning. Results of study on cognitive aspects increased from cycle I to cycle II. Results of completeness in the first cycle to obtain a percentage of 55%, while the second cycle achieve mastery 85%. Results of research on the second cycle have met more than indicators of success of the action that has been set that is 75%. Conclusion Class Action Research (PTK) is the use of media images beamed in learning Indonesian in simple fabricated material in class IV SDN 012 Tanjung Palas North can improve student learning outcomes. Keywords: Result Study, Indonesian Language, Media Images

Detail Informasi